Tips Mengusir Semut di Pot Tanaman Hias dengan Bahan-Bahan yang Mudah Didapat

Semut adalah salah satu hama yang sering menyerang tanaman hias. Semut tidak hanya mengganggu penampilan tanaman, tetapi juga bisa merusak tanaman. Semut sering mencari makanan di sekitar tanaman, seperti sisa-sisa makanan atau gula dari pupuk. Selain itu, semut juga bisa membawa hama lain, seperti kutu daun dan tungau.

Jika Anda menemukan semut di pot tanaman hias Anda, jangan langsung panik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir semut tersebut. Berikut adalah beberapa tips mengusir semut di pot tanaman hias:

Tips Mengusir Semut di Pot Tanaman Hias dengan Bahan-Bahan yang Mudah Didapat

1. Bersihkan lingkungan sekitar tanaman

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan lingkungan sekitar tanaman. Bersihkan sisa-sisa makanan atau gula dari pupuk yang bisa menjadi sumber makanan bagi semut. Anda juga bisa membersihkan daun tanaman dari kotoran atau dedaunan kering yang bisa menjadi tempat bersarang semut.

2. Gunakan bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir semut, seperti:

Cuka

Cuka memiliki bau yang tajam yang tidak disukai semut. Anda bisa mencampurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian, semprotkan campuran cuka tersebut ke semut atau ke area yang sering dilalui semut.

Bawang putih

Bawang putih juga memiliki bau yang tajam yang tidak disukai semut. Anda bisa memotong bawang putih menjadi beberapa bagian dan letakkan di sekitar tanaman. Anda juga bisa membuat cairan bawang putih dengan cara merebus bawang putih dengan air. Kemudian, dinginkan cairan tersebut dan semprotkan ke semut atau ke area yang sering dilalui semut.

Lavender

Lavender memiliki aroma yang menyegarkan bagi manusia, tetapi tidak disukai semut. Anda bisa menanam lavender di sekitar tanaman atau meletakkan beberapa tangkai lavender di sekitar tanaman.

Bubuk Merica

Siapkan satu sachet merica bubuk, sprayer/semprotan yang diisi air 2/3 dari wadahnya. Tuangkan merica bubuk kedalam sprayer dengan takaran kira-kira aja. Semprotkan pada pot tanaman yang dijadikan sarang semut. Bau merica yag menyengat dan rasa panasnya akan membuat semut-semut tersebut pergi.

3. Gunakan pestisida

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan pestisida. Namun, penggunaan pestisida harus dilakukan dengan hati-hati, karena bisa membahayakan tanaman. Pilihlah pestisida yang aman untuk tanaman hias dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan benar.

Tips tambahan

  • Pastikan pot tanaman memiliki lubang drainase yang baik. Lubang drainase yang baik akan membantu mencegah genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biak semut.
  • Periksa tanaman secara rutin. Jika Anda melihat ada semut di tanaman, segera ambil tindakan untuk mengusirnya.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda mengusir semut di pot tanaman hias.

Baca juga:

*Sponsored by-klik:

Tips mengusir semut di pot tanaman hias dengan bahan-bahan alami dan pestisida.