Ikigai: Kunci Menemukan Tujuan Hidup dan Kebahagiaan ala Orang Jepang

KLARISAN.com-Ikigai adalah istilah Jepang yang berarti "alasan untuk hidup" atau "tujuan hidup". Ikigai adalah konsep yang telah lama dipraktikkan oleh orang-orang Jepang untuk mencapai kebahagiaan dan kepuasan hidup.

Ikigai sering digambarkan sebagai persimpangan antara empat hal:

  1. Apa yang Anda sukai?
  2. Apa yang Anda kuasai?
  3. Apa yang dunia butuhkan?
  4. Apa yang membuatmu dibayar?

Ketika keempat hal ini bertemu, kita telah menemukan Ikigai kita. Ikigai adalah sesuatu yang dapat kita lakukan dengan mudah dan menyenangkan, yang memberikan kita rasa tujuan dan kepuasan.

Orang-orang yang telah menemukan Ikigai mereka, dikatakan memiliki hidup yang lebih bahagia dan bermakna. Mereka lebih cenderung merasa puas dengan pekerjaan mereka, lebih produktif, dan lebih sehat secara fisik dan mental.

Mari kita ulas lebih lanjut dari keempat elemen diatas supaya ada sedikit gambaran mengenai apa itu Ikigai.

Ikigai: Kunci Menemukan Tujuan Hidup dan Kebahagiaan ala Orang Jepang

1. Apa yang Anda Sukai?

Apa yang Anda sukai? adalah elemen pertama dari Ikigai. Elemen ini mengacu pada hal-hal yang membuat Anda bahagia dan bersemangat. Ini bisa berupa hobi, minat, atau bahkan sekadar hal-hal sederhana dalam hidup.

Untuk menemukan apa yang Anda sukai, Anda perlu meluangkan waktu untuk refleksi diri. Pikirkan tentang hal-hal yang Anda lakukan dengan senang hati, bahkan tanpa imbalan. Apa yang membuat Anda merasa hidup dan penuh semangat?

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan apa yang Anda sukai:

  • Apa yang membuat Anda tersenyum?
  • Apa yang membuat Anda merasa bersemangat?
  • Apa yang membuat Anda merasa terpenuhi?
  • Apa yang Anda bicarakan dengan penuh semangat?
  • Apa yang Anda lakukan dengan sukarela?

Setelah Anda memiliki beberapa ide tentang apa yang Anda sukai, Anda dapat mulai mengeksplorasi hal-hal tersebut lebih lanjut. Coba hal-hal baru dan lihat apa yang Anda sukai. Anda mungkin terkejut dengan apa yang Anda temukan.

Berikut adalah beberapa contoh hal-hal yang mungkin Anda sukai:

  • Hobi: Memasak, menulis, berolahraga, bermain musik, bergaul dengan teman dan keluarga, menghabiskan waktu di alam, belajar hal baru, dll.
  • Minat: Ilmu pengetahuan, seni, teknologi, sejarah, budaya, olahraga, dll.
  • Hal-hal sederhana dalam hidup: Menikmati secangkir kopi di pagi hari, menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai, melihat matahari terbenam, mendengarkan musik favorit Anda, dll.

Penting untuk diingat bahwa apa yang Anda sukai mungkin berubah seiring waktu. Semakin Anda tumbuh dan berkembang, semakin Anda belajar tentang diri sendiri dan apa yang membuat Anda bahagia.


2. Apa yang Anda Kuasai?

Apa yang Anda kuasai? adalah elemen kedua dari Ikigai. Elemen ini mengacu pada keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki. Ini bisa berupa keterampilan yang Anda pelajari secara formal, seperti keterampilan profesional atau keterampilan teknis, atau keterampilan yang Anda pelajari secara informal, seperti keterampilan sosial atau keterampilan kreatif.

Untuk menemukan apa yang Anda kuasai, Anda perlu meluangkan waktu untuk refleksi diri. Pikirkan tentang hal-hal yang Anda lakukan dengan baik. Apa yang Anda lakukan dengan mudah dan tanpa harus banyak berpikir? Apa yang Anda lakukan yang orang lain kagumi?

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan apa yang Anda kuasai:

  • Apa yang Anda lakukan dengan cepat dan efisien?
  • Apa yang Anda lakukan tanpa harus banyak berpikir?
  • Apa yang Anda lakukan yang orang lain kagumi?
  • Apa yang Anda lakukan yang membuat Anda merasa bangga?

Setelah Anda memiliki beberapa ide tentang apa yang Anda kuasai, Anda dapat mulai mengeksplorasi hal-hal tersebut lebih lanjut. Coba hal-hal baru dan lihat apa yang Anda kuasai. Anda mungkin terkejut dengan apa yang Anda temukan.

Berikut adalah beberapa contoh keterampilan yang mungkin Anda kuasai:

  • Keterampilan profesional: Mengajar, menulis, menganalisis, merancang, menggambar, bermusik, dll.
  • Keterampilan teknis: Mengelola, mengotomatisasi, menganalisis data, pemrograman, dll.
  • Keterampilan sosial: Berkomunikasi, berempati, bekerja sama, memimpin, dll.
  • Keterampilan kreatif: Berpikir out of the box, memecahkan masalah, berimajinasi, dll.

Penting untuk diingat bahwa apa yang Anda kuasai mungkin berubah seiring waktu. Semakin Anda belajar dan berkembang, semakin Anda belajar tentang diri sendiri dan apa yang Anda kuasai.

Jika Anda masih kesulitan menemukan apa yang Anda kuasai, Anda dapat meminta bantuan dari teman, keluarga, atau mentor. Mereka mungkin dapat membantu Anda melihat hal-hal dalam diri Anda yang Anda lewatkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan keterampilan yang Anda kuasai:

  • Latihlah keterampilan Anda secara teratur. Semakin sering Anda menggunakan keterampilan, semakin baik Anda akan menguasainya.
  • Cari mentor atau orang yang dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan Anda.
  • Ikuti kursus atau pelatihan untuk mempelajari keterampilan baru.
  • Eksperimen dengan berbagai keterampilan untuk menemukan apa yang Anda sukai dan kuasai.

Dengan mengembangkan keterampilan yang Anda kuasai, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menemukan Ikigai.


3. Apa yang Dunia Butuhkan?

Apa yang dunia butuhkan? adalah elemen ketiga dari Ikigai. Elemen ini mengacu pada hal-hal yang bermanfaat bagi dunia. Ini bisa berupa hal-hal besar, seperti mengatasi masalah global, atau hal-hal kecil, seperti membuat orang lain tersenyum.

Untuk menemukan apa yang dunia butuhkan, kita persempit saja lingkup pembahasan elemen ketiga ini menjadi; apa yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita? Anda perlu meluangkan waktu untuk memikirkan lingkungan di sekitar Anda. Apa yang menurut Anda penting? Apa yang menurut Anda perlu diubah? Apa yang menurut Anda dapat Anda lakukan untuk membuat lingkungan sekitar menjadi tempat yang lebih baik?

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan apa yang dibutuhkan oleh ekosistem lingkungan tempat kita hidup:

  • Apa masalah lingkungan sekitar yang menurut Anda paling penting?
  • Bagaimana Anda dapat menggunakan keterampilan dan kemampuan Anda untuk mengatasi masalah tersebut?
  • Apa yang menurut Anda dapat Anda lakukan untuk membuat lingkungan sekitar menjadi tempat yang lebih baik?

Setelah Anda memiliki beberapa ide tentang apa yang lingkungan sekitar butuhkan, Anda dapat mulai mengeksplorasi hal-hal tersebut lebih lanjut. Baca berita, ikuti organisasi non-profit, atau bicarakan dengan orang-orang yang peduli tentang masalah yang sama dengan Anda. Anda mungkin terkejut dengan apa yang Anda temukan.

Berikut adalah beberapa contoh hal-hal yang mungkin lingkungan sekitar butuhkan:

  • Solusi untuk masalah global: Perubahan iklim, kemiskinan, kelaparan, penyakit, dll.
  • Peningkatan kualitas hidup: Pendidikan, kesehatan, akses ke air bersih, dll.
  • Pelestarian lingkungan: Konservasi alam, energi terbarukan, dll.
  • Keadilan sosial: Hak asasi manusia, kesetaraan gender, dll.

Penting untuk diingat bahwa apa yang lingkungan butuhkan mungkin berubah seiring waktu. Semakin Anda belajar dan tumbuh, semakin Anda belajar tentang lingkungan dan apa yang dibutuhkan.

Jika Anda masih kesulitan menemukan apa yang lingkungan sekitar butuhkan, Anda dapat mendiskusikannya dengan oorang-orang sekitar Anda yang secara bersama-sama hidup di dalam lingkungan yang sama.


4. Apa yang membuatmu dibayar?

Apa yang membuatmu dibayar? adalah elemen keempat dari Ikigai. Elemen ini mengacu pada hal-hal yang Anda lakukan untuk menghasilkan pendapatan.

Untuk menemukan apa yang membuat Anda dibayar, Anda perlu meluangkan waktu untuk memikirkan keterampilan dan kemampuan Anda. Apa yang Anda lakukan dengan baik? Apa yang Anda sukai? Apa yang bermanfaat bagi dunia?

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan apa yang membuat Anda dibayar:

  1. Apa keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki?
  2. Apa yang Anda lakukan dengan baik?
  3. Apa yang Anda sukai?
  4. Apa yang bermanfaat bagi dunia?

Setelah Anda memiliki beberapa ide tentang apa yang membuat Anda dibayar, Anda dapat mulai mengeksplorasi hal-hal tersebut lebih lanjut. Cari peluang kerja yang sesuai dengan keterampilan dan kemampuan Anda. Anda juga dapat memulai bisnis sendiri.

Berikut adalah beberapa contoh hal-hal yang mungkin membuat Anda dibayar:

  • Pekerjaan: Dokter, guru, insinyur, pengacara, karyawan, dll.
  • Bisnis: Pemilik toko, pengusaha, freelancer, dll.
  • Hobi: Seniman, musisi, penulis, blogger, dll.

Penting untuk diingat bahwa apa yang membuat Anda dibayar mungkin berubah seiring waktu. Semakin Anda belajar dan berkembang, semakin Anda belajar tentang diri sendiri dan apa yang Anda kuasai.

Jika Anda masih kesulitan menemukan apa yang membuat Anda dibayar, Anda dapat meminta bantuan dari teman, keluarga, atau mentor. Mereka mungkin dapat membantu Anda melihat hal-hal dalam diri Anda yang Anda lewatkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan apa yang membuat Anda dibayar:

  • Lakukan riset tentang berbagai jenis pekerjaan dan bisnis.
  • Bicaralah dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang Anda minati.
  • Ikuti kursus atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilan Anda.
  • Eksperimen dengan berbagai hal untuk menemukan apa yang Anda kuasai dan sukai.

Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa Ikigai dapat ditemukan dalam berbagai bidang kehidupan. Tidak ada satu jawaban yang benar untuk pertanyaan "Apa Ikigai Anda?". Ikigai adalah sesuatu yang unik untuk setiap individu. Dengan menemukan apa yang membuat Anda dibayar, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menemukan Ikigai.


Perpaduan Antara Keempat Elemen Ikigai

Keempat elemen Ikigai saling berhubungan dan saling melengkapi. Elemen Apa yang Anda sukai? akan membantu Anda menemukan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan bersemangat. Elemen Apa yang Anda kuasai? akan membantu Anda menemukan hal-hal yang Anda lakukan dengan baik dan bermanfaat bagi orang lain. Elemen Apa yang dunia butuhkan? akan membantu Anda menemukan hal-hal yang bermanfaat bagi dunia. Dan elemen Apa yang membuatmu dibayar? akan membantu Anda menghasilkan pendapatan dari hal-hal yang Anda sukai, kuasai, dan bermanfaat bagi dunia.

Jika Anda dapat menemukan perpaduan antara keempat elemen ini, Anda akan menemukan Ikigai. Ikigai adalah keadaan hidup yang penuh makna dan tujuan. Ini adalah keadaan di mana Anda merasa bahagia, puas, dan terpenuhi.

Jika Anda masih dalam perjalanan untuk menemukan Ikigai, jangan menyerah. Teruslah belajar dan berkembang, dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Anda mungkin terkejut dengan apa yang Anda temukan.

Ada banyak buku yang membahas tentang Ikigai. Salah satunya yang menarik perhatian saya adalah buku yang ditulis oleh Vita Wahid, berjudul: Finding Ikigai in My Journey.

Buku ini adalah buku ringan terkait pengenalan ikigai. Di dalamnya terdapat cerita perjalanan yang dialami langsung oleh penulis ketika ia berada di Jepang, dan ajaran-ajaran ikigai yang ia temukan dalam setiap perjalanannya. Penulis juga menceritakan bagaimana teori ikigai dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Anda bisa memesan buku tersebut secara online di Gramedia dengan cara klik tautan di bawah ini:

[2column] [content]
Ikigai: Kunci Menemukan Tujuan Hidup dan Kebahagiaan ala Orang Jepang
[/content] [content]
  • ISBN: 9786230047169
  • Language: Indonesia
  • Pages:160 halaman
  • Publish date: April 4, 2023
  • Publisher: Elex Media Komputindo
  • Price: Rp 72.000-20% Rp 57.600
  • Link pembelian-klik:
Gramedia
[/content] [/2column]

Baca juga:

Apa itu Ikigai?