Benarkah Keberadaan Capung di Sekitar Rumah Bisa Menjadi Salah Satu Indikator Lingkungan?

Capung merupakan salah satu serangga yang berperan penting dalam ekosistem. Capung merupakan predator alami bagi serangga-serangga hama, seperti nyamuk, wereng, dan lalat. Selain itu, capung juga merupakan indikator lingkungan yang dapat digunakan untuk mengetahui kualitas lingkungan.

Benarkah Keberadaan Capung di Sekitar Rumah Bisa Menjadi Salah Satu Indikator Lingkungan?

Capung sebagai indikator lingkungan

Capung merupakan indikator lingkungan yang sensitif terhadap perubahan kualitas lingkungan. Capung hanya dapat hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Capung dewasa hidup di udara, sedangkan capung muda (nimfa) hidup di air.

Nimfa capung membutuhkan air yang bersih dan jernih untuk berkembang biak. Nimfa capung akan mati jika air tercemar oleh limbah atau bahan kimia. Oleh karena itu, keberadaan capung di sekitar rumah dapat menjadi indikator bahwa lingkungan tersebut bersih dan sehat.

Beberapa faktor yang mempengaruhi keberadaan capung

Keberadaan capung di sekitar rumah dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Kualitas air: Capung membutuhkan air yang bersih dan jernih untuk berkembang biak. Jika air tercemar, maka nimfa capung akan mati.
  2. Keragaman vegetasi: Capung membutuhkan vegetasi untuk berlindung dan mencari makan. Vegetasi juga menyediakan tempat bertelur bagi capung.
  3. Kualitas udara: Capung juga sensitif terhadap polusi udara. Jika udara tercemar, maka capung akan sulit untuk bernapas dan mencari makan.

Cara meningkatkan keberadaan capung di sekitar rumah

Untuk meningkatkan keberadaan capung di sekitar rumah, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Jaga kebersihan air: Pastikan air di sekitar rumah Anda bersih dan jernih. Hindari membuang limbah atau bahan kimia ke dalam air.
  • Tambahkan vegetasi: Tanamlah pohon dan tanaman di sekitar rumah Anda. Vegetasi akan menyediakan tempat berlindung dan mencari makan bagi capung.
  • Kurangi polusi udara: Kurangi penggunaan kendaraan bermotor dan bakaran sampah. Hal ini akan membantu menjaga kualitas udara agar tetap bersih.

Dengan menjaga kualitas lingkungan, Anda dapat membantu meningkatkan keberadaan capung di sekitar rumah. Capung merupakan serangga yang bermanfaat bagi lingkungan, sehingga keberadaannya sangat penting untuk dijaga.

Anda bisa melihat video yang diunggah oleh channel National Geographic UK di https://www.youtube.com/watch?v=OlfXSe0wyUs, atau klik tombol videonya di bawah ini:

From Nymph to Wings: The Dragonfly Life Cycle

Baca juga:

Keberadaan capung di sekitar rumah dapat menjadi indikator lingkungan yang bersih dan sehat.